eprintid: 9397 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/93/97 datestamp: 2025-03-21 03:05:44 lastmod: 2025-03-21 03:05:44 status_changed: 2025-03-21 03:05:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sofia, Muhammad Afiff creators_NPM: 037117059 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sandi, Budiana contributors_name: Yudhie, Suchyadi contributors_NIDN: 0421106801 contributors_NIDN: 0427077402 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA 3 CARA MEMELIHARA KESEHATAN ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Sofia Muhammad Afiff. 037117059. Pengaruh ”Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia”. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen kuasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A dan siswa kelas V B Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 61 siswa, penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Subtema Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia”. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 79, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 65. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 100%, sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 0%. Kemudian hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,557692) > ttabel (2,391229). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sofia, Muhammad Afiff (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA 3 CARA MEMELIHARA KESEHATAN ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9397/1/Sofia%20Muhammad%20Afiff.pdf