@phdthesis{eprintsunpak9399, school = {Universitas Pakuan}, author = {Krismiyati Yeni}, title = {PENGARUH INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Cihideung Ilir 04 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021)}, year = {2021}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/9399/}, abstract = {Yeni Krismiyati 037116008. Pengaruh Intensitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cihideung Ilir 04 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 105 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 52 siswa, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian persyaratan analisis berupa uji normalitas liliefors dan homogenitas dengan uji fisher. Teknik analisis regresi dan uji korelasi Product Moment Pearson persamaan regresi yaitu {\^Y} = 39,79 + 0,27 (x), dengan harga 3,560 {\ensuremath{>}} (0,05) 2,008 dan diperoleh nilai kausal sebesar 0,416 yang termasuk pengaruh kategori yang sedang dengan konstribusi sebesar 41,6\%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara intensitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa} }