relation: http://eprints.unpak.ac.id/9408/ title: Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasinya Quizizz dan QR Code pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan : Pendekatan Reserch and Development (R&D) Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kukupu 3 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024 creator: Salsa, Billa subject: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR description: Salsa Billa. 037120022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan instrumen tes pilihan ganda berbasis HOTS menggunakan aplikasi Quizizz dan QR-Code pembelajaran matematika materi pecahan kelas V SDN Kukupu 3 Kota Bogor serta untuk mengetahui kelayakan instrumen tes pilihan ganda berbasis HOTS menggunakan aplikasi Quizizz dan Qr-code terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Model 4-D (Define, Design, Development dan Dissemination). Pada penelitian ini dilakukan uji validasi ahli dan uji validisi empiris. Uji validasi ahli dilakukan kepada para ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media mendapat 94% dengan kriteria sangat layak dan oleh ahli materi mendapat 97% dengan kriteria sangat layak. Selain itu, dilakukan juga uji validasi empiris kepada kelas VI dengan data yang diperoleh yaitu dalam validitas terdapat 30 soal valid dan 10 soal valid. Dalam reabilitas mendaptkan koefisien reabilitas sebesar 0,980 sehingga dapat dikategorin reabilitas tinggi. Dalam Tingkat daya sukar terdapat sukar 0 butir soal, sedang 10 butir soal dan mudah 30 butir soal, dan daya pembeda terdapat 20 butir soal baik, 13 butir soal diterima, 5 soal butir soal diperbaiki, dan 2 butir soal ditolak. Setelah itu, soal yang valid dilakukan uji coba kepada peserta didik kelas V, dengan hasil nilai 89% dengan jumlah 25 peserta didik yang memenuhi nilai KKM dan nilai 11% dengan jumlah 2 peserta didik yang tidak memenuhi nilai KKM. Setalah itu, hasil angket respon peserta didik mendapat 98% dengan kategori sangat layak, Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen sangat layak untuk digunakan oleh peserta pada materi pecahan di kelas V Sekolah Dasar date: 2024 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/9408/1/Salsa%20Billa%20.pdf identifier: Salsa, Billa (2024) Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasinya Quizizz dan QR Code pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan : Pendekatan Reserch and Development (R&D) Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kukupu 3 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.