eprintid: 9408 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/94/08 datestamp: 2025-03-21 03:10:23 lastmod: 2025-03-21 03:10:23 status_changed: 2025-03-21 03:10:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Salsa, Billa creators_NPM: 037120022 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Ratih, Purnamasari contributors_name: Yudhie, Suchyadi contributors_NIDN: 0406068603 contributors_NIDN: 0427077402 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasinya Quizizz dan QR Code pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan : Pendekatan Reserch and Development (R&D) Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kukupu 3 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Salsa Billa. 037120022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan instrumen tes pilihan ganda berbasis HOTS menggunakan aplikasi Quizizz dan QR-Code pembelajaran matematika materi pecahan kelas V SDN Kukupu 3 Kota Bogor serta untuk mengetahui kelayakan instrumen tes pilihan ganda berbasis HOTS menggunakan aplikasi Quizizz dan Qr-code terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Model 4-D (Define, Design, Development dan Dissemination). Pada penelitian ini dilakukan uji validasi ahli dan uji validisi empiris. Uji validasi ahli dilakukan kepada para ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media mendapat 94% dengan kriteria sangat layak dan oleh ahli materi mendapat 97% dengan kriteria sangat layak. Selain itu, dilakukan juga uji validasi empiris kepada kelas VI dengan data yang diperoleh yaitu dalam validitas terdapat 30 soal valid dan 10 soal valid. Dalam reabilitas mendaptkan koefisien reabilitas sebesar 0,980 sehingga dapat dikategorin reabilitas tinggi. Dalam Tingkat daya sukar terdapat sukar 0 butir soal, sedang 10 butir soal dan mudah 30 butir soal, dan daya pembeda terdapat 20 butir soal baik, 13 butir soal diterima, 5 soal butir soal diperbaiki, dan 2 butir soal ditolak. Setelah itu, soal yang valid dilakukan uji coba kepada peserta didik kelas V, dengan hasil nilai 89% dengan jumlah 25 peserta didik yang memenuhi nilai KKM dan nilai 11% dengan jumlah 2 peserta didik yang tidak memenuhi nilai KKM. Setalah itu, hasil angket respon peserta didik mendapat 98% dengan kategori sangat layak, Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen sangat layak untuk digunakan oleh peserta pada materi pecahan di kelas V Sekolah Dasar date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Salsa, Billa (2024) Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasinya Quizizz dan QR Code pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan : Pendekatan Reserch and Development (R&D) Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kukupu 3 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9408/1/Salsa%20Billa%20.pdf