eprintid: 9411 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/94/11 datestamp: 2025-03-21 03:10:44 lastmod: 2025-03-21 03:10:44 status_changed: 2025-03-21 03:10:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Najhan, Azkia creators_NPM: 037120002 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuyun, Elizabeth Patras contributors_name: Dendy, Saeful Zen contributors_NIDN: 0427077704 contributors_NIDN: 0420068504 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Bangun Datar : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Neglasari 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Najhan Azkia, 037120002. Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Bangun Datar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2024. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Neglasari 03 Kabupaten Bogor Kelas IV.A dan IV.B pada bulan Mei semester genap. Instrumen penelitian menggunakan instrumen pretest dan posttest yang menghasilkan perhitungan N-Gain model Problem Based Learning sebesar 83 dengan kriteria tinggi dan nilai N-Gain model Discovery Learning sebesar 68 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model Discovery Learning. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji lilliefors kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,085 ≤ 0,161 dan pada kelompok kelas Discovery Learning di dapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,092 ≤ 0,161. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena lebih kecil dari X2 tabel, didapatkan nilai 1,33 ≤ 1,84. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 18,75 lebih besar dari ttabel sebesar 2,00324, menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa model Problem Based Learning dan Discovery Learning memiliki perbedaan terhadap hasil belajar matematika bangun datar, dengan kata lain bawa model Problem Based Learning lebih efektif daripada model Discovery Learning pada materi bangun datar. date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Najhan, Azkia (2024) Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Bangun Datar : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Neglasari 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9411/1/Najhan%20Azkia%20.pdf