@phdthesis{eprintsunpak9425, school = {Universitas Pakuan}, author = {Fairuz Dwi Tamara Puteri Maurida}, title = {Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia : Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pengadilan 2 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.}, year = {2022}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/9425/}, abstract = {Maurida Fairuz Dwi Tamara Puteri, 037118079. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantu media video animasi terhadap hasil belajar subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 2 Kota Bogor Kelas IV A, dan IV B pada bulan Juni sampai semester genap. Perhitungan NGain model Problem Based Learning berbantu media video animasi sebesar 74 dengan kriteria tinggi dan ketuntasan hasil belajar 83\%, nilai NGain model konvensional sebesar 62 dengan kriteria sedang dan ketuntasan hasil belajar 66,7\%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, karena hasil perhitungan thitung (7,0257) {\ensuremath{>}} ttabel (2,01290). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model Problem Based Learning berbantu media video animasi terhadap hasil belajar subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Model pembelajaran yang sangat efektif untuk digunakan pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia yaitu model Problem Based Learning berbantu media video animasi} }