eprintid: 9428 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 47 dir: disk0/00/00/94/28 datestamp: 2025-03-21 03:17:26 lastmod: 2025-03-21 03:17:26 status_changed: 2025-03-21 03:17:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Miwana, Marsela Aurelia creators_name: Putro, Sasongko Soeharto creators_name: Firdaus, Dwi Rini Sovia creators_name: Rusfien, Ismail Taufik creators_name: Jayawinangun, Roni creators_NPM: 044120234 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Putro, Sasongko Soeharto contributors_name: Firdaus, Dwi Rini Sovia contributors_name: Rusfien, Ismail Taufik contributors_name: Jayawinangun, Roni contributors_NIDN: 0423066701 contributors_NIDN: 0304097004 contributors_NIDN: 0404018204 contributors_NIDN: 0402108506 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya corp_creators: Ilmu Komunikasi title: Korelasi Antara Media Sosial dengan Membangun Kepercayaan Publik Dalam Menggunakan Kereta Cepat (Whoosh) ispublished: pub divisions: Pro_ikom full_text_status: public abstract: MARSELA AURELIA MIWANA. 044120234. 2024. Korelasi Antara Media Sosial dengan Membangun Kepercayaan Publik Dalam Menggunakan Kereta Cepat (Whoosh). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan : Dwi Rini S. Firdaus dan Ismail Taufik Rusfien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media sosial yang telah menjadi peran penting dalam membentuk persepsi publik tentang berbagai isu. Dalam konteks transportasi dan pengembangan proyek kereta cepat, media sosial memiliki potensi besar untuk memperkuat dukungan masyarakat dan mambangun kepercayaan publik. Terdapat tweet yang menunjukkan bahwa adanya konflik dalam Pembangunan Kereta Cepat (Whoosh), Rabka Amatarp menyatakan bahwa “Netijen emang aneh, diluar sana Kereta Cepat jadi pengganti pesawat terbang, masa Indonesia jadi kereta wisata aja buat weekend, akui saja kalau fasilitas pendukung Woosh masih belum layak buat dipakai umum, banyak minusnya”. Yang artinya tweet tersebut dibuat karena Whoosh ramai penumpang hanya di hari libur saja sehingga adanya anggapan bahwa kereta ini hanya Kereta Wisata bahkan beranggapan masih belum layak di pakai dan banyak minusnya. Dalam kaitannya dengan permasalahan ini, penelitian ini akan memfokuskan pada Korelasi Antara Media Sosial dengan membangun kepercayaan publik dalam menggunakan kereta cepat (woosh). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah penyebaran kuisioner melalui Google Formulir dan teknik pengambilan sampelnya yaitu probability sampling dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator kemudahan pencarian informasi produk yang paling tinggi pada variabel peran media sosial memperoleh nilai rataan sebesar 3,45%, yang mana nilai tersebut termasuk ke dalam kategori tinggi. Sedangkan, indikator kompetensi (competence) pada variabel membangun kepercayaan publik memperoleh nilai rataan sebesar 3,48%, yang mana nilai itu juga termasuk ke dalam kategori tinggi. Kesimpulannya yaitu variabel peran media sosial berpengaruh terhadap variabel membangun kepercayaan publik sebesar 4,89%. Kata kunci : kereta cepat whoosh, kepercayaan publik, korelasi, media sosial, persepsi publik date: 2024-06-26 date_type: published pages: 75 institution: Fakults Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya department: Humas thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana related_url_type: author citation: Miwana, Marsela Aurelia and Putro, Sasongko Soeharto and Firdaus, Dwi Rini Sovia and Rusfien, Ismail Taufik and Jayawinangun, Roni (2024) Korelasi Antara Media Sosial dengan Membangun Kepercayaan Publik Dalam Menggunakan Kereta Cepat (Whoosh). Skripsi thesis, Fakults Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9428/1/Skripsi%20Marsela%20Aurelia_044120234_Ilmu%20Komunikasi%20-%20Marsela%20Aurelia%20M.pdf