%L eprintsunpak9466 %D 2019 %T Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika : Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Kolerasional Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 %A Hernawati Agustina %I Universitas Pakuan %X Agustina Hernawati. 037115024. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Objek penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1 Kota Bogor Kelas IV yang terdiri dari tiga rombongan belajar dengan jumlah 105 siswa. Penelitian dilakukan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,71. Ini menunjukkan adanya hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,50 atau sebesar 50%. Sisanya sebanyak 50% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata hasil belajar matematika sebesar 50% ditentukan oleh kemandirian belajar melalui persamaan regresi Ŷ = 2,90 + 0,73X, artinya setiap kenaikan unit nilai kemandirian belajar akan menyebabkan kenaikan hasil belajar matematika sebesar 0,73 unit. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.