eprintid: 9466 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/94/66 datestamp: 2025-03-21 03:25:03 lastmod: 2025-03-21 03:25:03 status_changed: 2025-03-21 03:25:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Agustina, Hernawati creators_NPM: 037115024 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rais, Hidayat contributors_name: Nintin, Nurlela contributors_NIDN: 0426067204 contributors_NIDN: 0410097508 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika : Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Kolerasional Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Agustina Hernawati. 037115024. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Objek penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1 Kota Bogor Kelas IV yang terdiri dari tiga rombongan belajar dengan jumlah 105 siswa. Penelitian dilakukan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,71. Ini menunjukkan adanya hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,50 atau sebesar 50%. Sisanya sebanyak 50% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata hasil belajar matematika sebesar 50% ditentukan oleh kemandirian belajar melalui persamaan regresi Ŷ = 2,90 + 0,73X, artinya setiap kenaikan unit nilai kemandirian belajar akan menyebabkan kenaikan hasil belajar matematika sebesar 0,73 unit. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. date: 2019 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Agustina, Hernawati (2019) Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika : Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Kolerasional Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9466/1/Agustina%20Hernawati.pdf