eprintid: 9468 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/94/68 datestamp: 2025-03-21 03:25:14 lastmod: 2025-03-21 03:25:14 status_changed: 2025-03-21 03:25:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Arni, Rosida creators_NPM: 037119099 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Santa, Santa contributors_name: Fitri, Siti Sundari contributors_NIDN: 0407038401 contributors_NIDN: 0422127105 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Genially pada Subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia : Pendekatan Research and Development pada Peserta Didik Kelas IV SDN Julang Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Arni Rosida. 037119099. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis website genially pada subtema kekayaan sumber energi di Indonesia di kelas IV SD Negeri Julang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini melibatkan masing-masing satu orang dosen ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi, serta melibatkan satu orang guru. Subyek pada penelitian ini adalah guru kelas IV-A dan peserta didik kelas IV-A di SD Negeri Julang Kota Bogor tahun akademik 2022/2023 dengan jumlah 24 peserta didik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis website genially sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh validator diperoleh hasil akhir validasi ahli media sebesar 87%, ahli bahasa sebesar 95%, ahli materi dosen sebesar 95% dan ahli materi guru sebesar 96% dengan rata-rata hasil 94% yang termasuk pada kriteria “Sangat Layak”. Serta berdasarkan hasil kuesioner respon peserta didik yang memperoleh hasil sebesar 88% dan guru yang memperoleh hasil sebesar 94%, yang keduanya tergolong kriteria “Sangat Baik” diterapkan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Website Genially, Kekayaan Sumber Energi date: 2023 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Arni, Rosida (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Genially pada Subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia : Pendekatan Research and Development pada Peserta Didik Kelas IV SDN Julang Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9468/1/Arni%20Rosida%20.pdf