eprintid: 9483 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 47 dir: disk0/00/00/94/83 datestamp: 2025-03-21 03:27:51 lastmod: 2025-03-21 03:27:51 status_changed: 2025-03-21 03:27:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratiwi, Mustikania Annisa creators_name: Suharyati, Henny creators_name: Jayawinangun, Roni creators_name: Alamsyah, Feri Ferdinan creators_name: Puspanidra, Tiara creators_NPM: 044117263 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suharyati, Henny contributors_name: Jayawinangun, Roni contributors_name: Alamsyah, Feri Ferdinan contributors_name: Puspanidra, Tiara contributors_NIDN: 007066001 contributors_NIDN: 0402108506 contributors_NIDN: 0424058209 contributors_NIDN: 0417088005 corp_creators: Unifersitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya corp_creators: Ilmu Komunikasi title: Analisis Bauran Hubungan Masyarakat Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi ispublished: pub divisions: Pro_ikom full_text_status: public abstract: MUSTIKANIA ANNISA PRATIWI. 044117263. 2024. Analisis Bauran Hubungan Masyarakat Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Dibawah bimbingan: Roni Jayawinangun dan Feri Ferdinan Alamsyah Perumda Tirta Pakuan merupakan sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang pengelolaan air bersih. Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor selalu berupaya memberikan pelayanan terbaiknya untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih di namun dalam perjalanannya sering mendapat keluhan dari masyarakat atau pelanggannya. Upaya pelaksanaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan berkaitan dengan pengembangan komunikasi yang efektif dua arah dan membina hubungan dengan pelanggan. Untuk mengembangkan budaya pelayanan yang baik dalam suatu perusahaan milik pemerintah maka di butuhkan peranan Humas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana analisis bauran hubungan masyarakat Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor yang beralamat di Jl. Siliwangi No. 121 Bogor. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Humas Perumda Tirta Pakuan dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi sudah menerapkan publisitas dengan baik melalui website, media sosial dan aplikasi SIMOTIP. Perumda juga turut aktif dalam menyelenggarakan acara dan menghadiri acara sebagai undangan. Penyebaran berita mengenai informasi dilakukan menggunakan media online dan offline. Identitas perusahaan tergambar dengan jelas dan mudah dipahami. Perumda turut menjaga hubungan dengan khalayak baik internal maupun eksternal perusahaan dengan berbagai kegiatan dan menjadi support partner. Lobi dan negosiasi dilakukan hanya bila diperlukan seperti adanya kasus sengketa. Perumda Tirta Pakuan memiliki 9 bentuk atau kegiatan sebagai bagian dari corporate social responsibility. Kata kunci: bauran hubungan masyarakat, kualitas, pelayanan informasi date: 2024-06 date_type: published pages: 106 institution: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya department: Humas thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana related_url_type: author citation: Pratiwi, Mustikania Annisa and Suharyati, Henny and Jayawinangun, Roni and Alamsyah, Feri Ferdinan and Puspanidra, Tiara (2024) Analisis Bauran Hubungan Masyarakat Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9483/1/Mustikania%20Annisa%20Pratiwi_044117263_Humas%20-%20Mustikania%20annisa%20Pratiwi.pdf