eprintid: 9505 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 46 dir: disk0/00/00/95/05 datestamp: 2025-03-24 04:11:45 lastmod: 2025-03-24 04:11:45 status_changed: 2025-03-24 04:11:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Maharani, Anisa creators_NPM: 065118702 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tita, Eneng contributors_name: Maesya, Haries contributors_NIDN: 0425087601 contributors_NIDN: 0409098601 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Matematika dan Ilmu Pnegetahuan Alam corp_creators: Program Studi Ilmu Komputer title: Analisis pengelompokan Pelanggan PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) menggunakan Algoritma DBSCAN ispublished: pub subjects: QK divisions: sch_ecs full_text_status: restricted abstract: Analisis pengelompokan Pelanggan PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) menggunakan Algoritma DBSCAN. Dibimbing oleh Eneng Tita Tosida dan Aries Maesya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma DBSCAN dengan parameter terbaik eps = 0.1 dan MinPts = 5 menghasilkan tujuh kluster dengan kualitas yang baik. Nilai Silhouette Coefficient tertinggi (0.650023) dan Davies-Bouldin Index yang cukup baik (0.445396) menandakan bahwa kluster yang terbentuk dapat diinterpretasikan dengan jelas. Sebagian besar pelanggan tergolong sebagai noise (3517 pelanggan), sedangkan core points hanya mencapai 39 pelanggan. Hal ini menunjukkan perlunya pendekatan khusus terhadap pelanggan yang tidak terkelompok untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Segmentasi pelanggan yang telah diidentifikasi dapat digunakan untuk merancang layanan yang lebih efektif, termasuk penanganan khusus untuk pelanggan dengan pola penggunaan yang tidak konsisten. Visualisasi data direkomendasikan untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih efisien. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi algoritma klustering lain guna meningkatkan efektivitas segmentasi pelanggan. Optimasi parameter secara otomatis dan integrasi data eksternal seperti informasi demografis serta sosial-ekonomi akan memberikan wawasan yang lebih mendalam. Selain itu, penting untuk menguji implementasi strategi layanan berbasis hasil klustering di lapangan serta mencari metode baru dalam menangani data noise agar pengelompokan pelanggan semakin baik. Kata kunci: DBSCAN, Silhouette Coefficient, Clustering, Optimasi Parameter, dan Visualisasi Data date: 2025-02-24 date_type: published pages: 17 institution: Universitas Pakuan department: Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Maharani, Anisa (2025) Analisis pengelompokan Pelanggan PT Tirta Asasta Depok (Perseroda) menggunakan Algoritma DBSCAN. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9505/1/065118702-Anisa%20Maharani-%20Sidang%20Skripsi.pdf