@phdthesis{eprintsunpak9532, year = {2025}, school = {Universitas Pakuan}, month = {February}, author = {Manaruljan Manaruljan}, title = {Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Kategori Sedang Dengan Penerapan AI Sebagai Evaluasi Kompetensi Personal.}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/9532/}, abstract = {Manaruljan 2025. Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Kategori Sedang Dengan Penerapan AI Sebagai Evaluasi Kompetensi Personal. Dibimbing Oleh Dr. Prihastuti Harsani, M.Si., Dan Gustian Rama Putra, S.Kom., MMSI. Tunagrahita merupakan kelainan yang membuat penyandangnya memiliki kemampuan kognitif di bawah rata-rata. Penggunaan media pembelajaran yang masih manual serta keterbatasan siswa tunagrahita dalam memahami materi menyebabkan guru kesulitan dalam menyampaikan materi. Penggunaan media pembelajaran interaktif menjadi salah satu pilihan yang cocok, karena informasi atau materi yang disajikan konkrit. Teknologi kecerdasan buatan (AI) sangat membantu dalam penerapan konsep penyesuaian atau personalisasi konten dalam sebuah sistem media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Metodologi MDLC (Multimedia Development Life Cycle). MDLC terdiri dari serangkaian tahapan, yaitu Concept (Konsep), Design (Desain), Material Collecting (Pengumpulan Materi), Assembly (Pembuatan), Testing (Pengujian), dan Distribution (Distribusi). Pada penelitian ini teknologi AI yang digunakan adalah Decision Tree. Berdasarkan hasil pengujian Decision Tree berhasil menyesuaikan tingkat kesulitan dengan akurasi 100\%. Terlihat bahwa ketika anak mengalami kesulitan pada suatu tingkat, AI cenderung menurunkan tingkat kesulitan. Sebaliknya, ketika anak menunjukan kemampuan yang lebih baik, AI akan menaikkan tingkat kesulitan. Rata-rata durasi anak menyelesaikan tantangan pada tingkat kesulitan mudah yaitu 32,4 detik dan untuk tingkat kesulitan sulit yaitu 108 detik. Hasil review ahli mengenai aplikasi ini yaitu, aplikasi sudah cukup bagus.} }