eprintid: 9549 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 46 dir: disk0/00/00/95/49 datestamp: 2025-04-30 03:31:24 lastmod: 2025-04-30 03:31:24 status_changed: 2025-04-30 03:31:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wijaya, Fatwa creators_NPM: 065120024 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Setyaningsih, Sri contributors_name: Andriani, Siska contributors_NIDN: 0420069102 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Matematika dan Ilmu Pnegetahuan Alam corp_creators: Program Studi Ilmu Komputer title: STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN TOKO HEGAR MELALUI DATA MINING ASSOCIATION RULES DENGAN ALGORITMA FP - GROWTH ispublished: pub subjects: QK divisions: sch_ecs full_text_status: public abstract: STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN TOKO HEGAR MELALUI DATA MINING ASSOCIATION RULES DENGAN ALGORITMA FP - GROWTH Fatwa Wijaya Ilmu Komputer Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia www.unpak.ac.id fatwaw99@gmail.com ABSTRAK Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang biasa disebut dengan UMKM merupakan usaha masyarakat yang berskala kecil. Toko hegar merupakan toko yang menjual berbagai macam keperluan sehari – hari masyarkat. Toko hegar belum bisa mengoptimalkan penjualan toko dan masih melakukan dengan cara menulis untuk persediaanya. Algoritma FP-Growth merupakan algoritma yang bisa dipakai dalam menentukan data mana yang sering muncul pada suatu dataset. Berdasarkan Aturan dari korelasi ini merupakan salah satu metode penambangan data yang ada untuk menemukan aturan asosiasi antara kombinasi item. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan strategi penjualan barang Toko Hegar dengan menggunakan algoritma FP - Growth untuk meningkatkan penjualan barang agar toko menjadi lebih efektif dan juga efisien dalam pengelolaan barang. Metode yang digunakan dalam membangun system ini adalah System Development Life Cycles (SDLC). Metode System Development Life Cycle (SDLC) menekankan pada kegunaan dan kebutuhan dari pengguna, sehingga siklus dalam pengembangan SDLC akan terus berjalan sampai sistem yang dihasilkan sesuai dengan kegunaan dan keinginan dari pengguna. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah metode FP – Growth dapat digunakan untuk strategi penjualan pada toko Hegar dengan pola kombinasi itemset yang dapat direkomendasikan untuk para konsumen serta kemudahan untuk Owner untuk mempersediakan stok barang dengan melihat barang apasaja yang paling laku terjual agar tidak terjadi kekosongan pada barang yang paling laku pada toko Hegar. Pada penelitian ini data transaksi yang digunakan yaitu sebanyak 11.705 data transaksi dengan didapatkan 6 rule yang dihasilkan yang dimana lift ratio yang memenuhi target minimal 2. Sehingga barang yang dapat direkomendasikan serta penyediaan stoknya agar diperbanyak pada penelitian dengan rentan waktu 10 bulan ini adalah mk krupuk 2000, r envio kretek bks, gula pasir kg, telor 025, kopi kapal apimix, m goreng 025, 1mk roti dan kopi copymix. Kata kunci : Data Mining, Algoritma Fp – Growth, Penjualan dan Strategi date: 2025-02-29 date_type: published pages: 25 institution: Universitas Pakuan department: Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Wijaya, Fatwa (2025) STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN TOKO HEGAR MELALUI DATA MINING ASSOCIATION RULES DENGAN ALGORITMA FP - GROWTH. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9549/1/SKRIPSI_065120024_FATWA%20WIJAYA.pdf