TY - THES AV - public A1 - Sumantri, Herli Y1 - 2024/06/03/ TI - PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE DAN ALGORITMA FUZZY MAMDANI PADA NON-PLAYER CHARACTER ENEMY DALAM GAME 3D PLATFORMER EP - 27 UR - http://eprints.unpak.ac.id/9557/ PB - Universitas Pakuan ID - eprintsunpak9557 M1 - Skripsi N2 - PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE DAN ALGORITMA FUZZY MAMDANI PADA NON-PLAYER CHARACTER ENEMY DALAM GAME 3D PLATFORMER Herli Sumanti1 , Erniyati2 , Hermawan Thaheer3 1 Universitas Pakuan, Kota Bogor 2 Universitas Pakuan, Kota Bogor 3 Universitas Pakuan, Kota Bogor Abstrak Penelitian ini untuk memperkenalkan dan memberikan gambaran mengenai batik kepada masyarakat umum khususnya warga bogor, yang belum mengetahui batik. Selain itu penelitian ini membantu menghidupkan Kembali kebudayaan Jawa Barat agar generesi selanjutnya tidak melupakan kebudayan batik tradisional. Media yang digunakan untuk memperkenalkan batik Bogor adalah games edukasi Dimana setiap stage pada game menggunakan tekstur dari batik bogor, sehingga gambar dan bentuk batik akan tampak dengan jelas sehingga memudahkan pengguna dalam melihat bentuk batik. Untuk membuat games ini menjadi lebih menarik penulis memanfaatkan Metode FSM untuk non-Player Character dan Fuzzy Mamdani untuk menghitung kecepatan poin darah, waktu player, dan monster. Kata kunci : Batik,finite State Machine (FSM), Fuzzy Mamdani ER -