TY - THES TI - Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPA. UR - http://eprints.unpak.ac.id/9597/ ID - eprintsunpak9597 M1 - Skripsi PB - Universitas Pakuan A1 - Reza, Junistia N2 - REZA JUNISTIA. 036113013. Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Campaka tahun akademik 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas VII-C yang diberikan perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan jumlah 34 siswa, dan VII-D yang diberikan perlakuan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan jumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikan ? = 0,05 pada ranah kognitif diperoleh thitung 3,45 sedangkan ttabel sebesar 1,99 sehingga diperoleh nilai thitung ? ttabel dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). Hasil belajar IPA kelompok Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) lebih baik dibandingkan dengan kelompok kelas inkuiri terbimbing, hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata aspek kognitif dari masing-masing model pembelajaran. Y1 - 2018/// AV - public ER -