eprintid: 9597 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/95/97 datestamp: 2025-05-26 01:49:55 lastmod: 2025-05-26 01:49:55 status_changed: 2025-05-26 01:49:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Reza, Junistia creators_NPM: 036113013 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Teti, Rostikawati contributors_name: Susi, Sutjihati contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0023095804 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPA. ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: REZA JUNISTIA. 036113013. Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Campaka tahun akademik 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas VII-C yang diberikan perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan jumlah 34 siswa, dan VII-D yang diberikan perlakuan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan jumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 pada ranah kognitif diperoleh thitung 3,45 sedangkan ttabel sebesar 1,99 sehingga diperoleh nilai thitung ˃ ttabel dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). Hasil belajar IPA kelompok Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) lebih baik dibandingkan dengan kelompok kelas inkuiri terbimbing, hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata aspek kognitif dari masing-masing model pembelajaran. date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Reza, Junistia (2018) Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9597/1/Reza%20Junistia.pdf