eprintid: 9599 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/95/99 datestamp: 2025-05-26 01:50:20 lastmod: 2025-05-26 01:50:20 status_changed: 2025-05-26 01:50:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dessy, Endriyani Saputri creators_NPM: 036107010 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nandang, Hidayat contributors_name: Triasianingrum, Triasianingrum contributors_NIDN: 0008076002 contributors_NIDN: 0018045502 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan Model Direct Instruction di SMP PGRI Ciomas Bogor ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: DESSY ENDRIYANI SAPUTRI. 036107010. Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan Model Direct Instruction di SMP PGRI Ciomas Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd. dan Dra. Triasianingru, S. U. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan model Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan model Direct Instruction. Penelitian ini menggunakan model quasi experimental design jenis non-equivalent control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI Ciomas tahun ajaran 2011/2012, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dan kelas VIII-B. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikasi α= 0,05 diperoleh thitung sebesar 2,97 sedangkan ttabel0,05 yaitu sebesar 2,00 sehingga diperoleh thitung > ttabel, dengan demikian maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi kelas VIII di SMP PGRI Ciomas Bogor. Model STAD dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan serta fotosintesis. date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Dessy, Endriyani Saputri (2018) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan Model Direct Instruction di SMP PGRI Ciomas Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9599/1/DESSY%20ENDRIYANI.pdf