eprintid: 9600 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/96/00 datestamp: 2025-05-26 01:50:27 lastmod: 2025-05-26 01:50:27 status_changed: 2025-05-26 01:50:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Imelianti, Imelianti creators_NPM: 036120007 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: M. Taufik, Awaludin contributors_name: Rifki, Risma Munandar contributors_NIDN: 0415098805 contributors_NIDN: 0415129005 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Pengembangan E-Handout Interaktif Berbasis Heyzine Flipbook pada Materi Biologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Imelianti. 036120007. Pengembangan E-Handout Interaktif Berbasis Heyzine Flipbook pada Materi Biologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan M. Taufik Awaludin, M.Pd. dan Rifki Risma Munandar, M.Pd. Pada era abad 21 proses pembelajaran memerlukan bahan ajar yang interaktif berbasis digital serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, efektivitas serta respon guru dan peserta didik terhadap E-Handout interaktif berbasis Heyzine Flipbook pada Materi Biologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X.b SMA Negeri 1 Cibarusah berjumlah 36 orang. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, dan angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif yang diperoleh dari wawancara dan teknik analisis kuantitatif diperoleh dari masukan ahli materi, media dan instrumen soal serta angket respon guru dan peserta didik. Hasil penilaian berdasarkan angket validasi ahli media terhadap E-Handout termasuk dalam kriteria valid dengan persentase 84%. Berdasarkan angket ahli materi terhadap E-Handout termasuk dalam kriteria valid dengan persentase 96%. Hasil pretest dan posttest menggunakan uji N-gain diperoleh skor 0,42 dengan kategori sedang. Hasil respon peserta didik yang berjumlah 36 orang terhadap EHandout yang dikembangkan mendapatkan respon sangat baik dengan persentase 96% sedangkan respon guru pun sangat baik dengan persentase 100%. date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Imelianti, Imelianti (2024) Pengembangan E-Handout Interaktif Berbasis Heyzine Flipbook pada Materi Biologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9600/1/IMELIANTI%20BIO.pdf