%0 Thesis %9 Skripsi %A Fauziah, Aulia Risya %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Biologi, %B Pendidikan Biologi %D 2020 %F eprintsunpak:9601 %I Universitas Pakuan %T Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Magazine Pada Materi Pencemaran Lingkungan Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Lingkungan Siswa SMA %U http://eprints.unpak.ac.id/9601/ %X Fauziah Aulia Risya. 036116001. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Magazine Pada Materi Pencemaran Lingkungan Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Lingkungan Siswa SMA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, M.S. dan Lufty Hari Susanto, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis e-magazine pada materi pencemaran lingkungan yang dapat meningkatkan perilaku tanggung jawab lingkungan untuk siswa kelas X SMA. Metode yang digunakan adalah penelitian & pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2020-Juni 2020. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 SMAN 1 Cibarusah tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 35 siswa. Pelaksanaan uji coba lapangan hanya dilakukan secara uji coba terbatas dengan menggunakan desain eksperimen berupa pretest-posttest secara individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bahan ajar berbasis e-magazine dapat meningkatkan perilaku tanggung jawab lingkungan siswa yang menyajikan masalah pencemaran lingkungan serta penanganannya dengan komponen isi yang dapat membantu siswa memahami materi melalui pembelajaran mandiri; 2) Hasil validasi kelayakan bahan ajar berbasis e-magazine oleh tiga orang ahli menunjukkan kriteria valid dengan tingkat validitas sebesar 90%; 3) Bahan ajar berbasis e-magazine pada materi pencemaran lingkungan terbukti efektif dapat meningkatkan perilaku tanggung jawab lingkungan siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0.62 dengan kategori sedang; 4) Tanggapan guru dan siswa kelas X IPA terhadap bahan ajar berbasis e-magazine memiliki respon yang positif dengan diperolehnya hasil tanggapan guru sebesar 85% dan tanggapan siswa diperoleh hasil sebesar 89% .