eprintid: 9601 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/96/01 datestamp: 2025-05-26 01:50:34 lastmod: 2025-05-26 01:50:34 status_changed: 2025-05-26 01:50:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fauziah, Aulia Risya creators_NPM: 036116001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rita, Retnowati contributors_name: Lufty, Hari Susanto contributors_NIDN: 0422056401 contributors_NIDN: 0430058702 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Magazine Pada Materi Pencemaran Lingkungan Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Lingkungan Siswa SMA ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Fauziah Aulia Risya. 036116001. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Magazine Pada Materi Pencemaran Lingkungan Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Lingkungan Siswa SMA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, M.S. dan Lufty Hari Susanto, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis e-magazine pada materi pencemaran lingkungan yang dapat meningkatkan perilaku tanggung jawab lingkungan untuk siswa kelas X SMA. Metode yang digunakan adalah penelitian & pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2020-Juni 2020. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 SMAN 1 Cibarusah tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 35 siswa. Pelaksanaan uji coba lapangan hanya dilakukan secara uji coba terbatas dengan menggunakan desain eksperimen berupa pretest-posttest secara individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bahan ajar berbasis e-magazine dapat meningkatkan perilaku tanggung jawab lingkungan siswa yang menyajikan masalah pencemaran lingkungan serta penanganannya dengan komponen isi yang dapat membantu siswa memahami materi melalui pembelajaran mandiri; 2) Hasil validasi kelayakan bahan ajar berbasis e-magazine oleh tiga orang ahli menunjukkan kriteria valid dengan tingkat validitas sebesar 90%; 3) Bahan ajar berbasis e-magazine pada materi pencemaran lingkungan terbukti efektif dapat meningkatkan perilaku tanggung jawab lingkungan siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0.62 dengan kategori sedang; 4) Tanggapan guru dan siswa kelas X IPA terhadap bahan ajar berbasis e-magazine memiliki respon yang positif dengan diperolehnya hasil tanggapan guru sebesar 85% dan tanggapan siswa diperoleh hasil sebesar 89% . date: 2020 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Fauziah, Aulia Risya (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Magazine Pada Materi Pencemaran Lingkungan Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Lingkungan Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9601/1/Fauziah%20Aulia%20Risya.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9601/2/Fauziah%20Aulia%20Risya.pdf