eprintid: 9602 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/96/02 datestamp: 2025-05-26 01:50:40 lastmod: 2025-05-26 01:50:40 status_changed: 2025-05-26 01:50:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Gita, Mayasari creators_NPM: 036115057 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rita, Retnowati contributors_name: R. Teti, Rostikawati contributors_NIDN: 0422056401 contributors_NIDN: 0018046003 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dengan Auditory Intellectually Repetition (Air) ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: GITA MAYASARI. 036115057. Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dengan Auditory Intellectually Repetition (Air). Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, M.S dan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan memecahkan masalah model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan November 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Citra Nusa Kabupaten Bogor. Tahun akademik 2019/2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purvosive Sampling. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas X IPA 1 yang diberi perlakuan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dengan jumlah 31 siswa, dan kelas X IPA 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning dengan jumlah 32 siswa. Berdasarkan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05 pada ranah kognitif diperoleh thitung 6,64 sedangkan ttabel 1,99 sehingga diperoleh nilai thitung>ttabel sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah antara siswa dengan perlakuan Problem Based Learning dan siswa dengan perlakuan Auditory Intellectually Repetition pada materi keanekaragaman hayati. Kemampuan memecahkan masalah siswa kelas Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas Auditory Intellectually Repetition, hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata N-Gain dari masing-masing model pembelajaran. date: 2020 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Gita, Mayasari (2020) Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dengan Auditory Intellectually Repetition (Air). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9602/1/Gita%20Mayasari%20.pdf