%0 Thesis %9 Skripsi %A Dodah, Saodah %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Biologi, %B Pendidikan Biologi %D 2020 %F eprintsunpak:9603 %I Universitas Pakuan %T Pembelajaran Biologi Menggunakan Kolaborasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Waldorf di SMA Cipta Cendikia Bogor %U http://eprints.unpak.ac.id/9603/ %X Dodah Saodah. 036116017. Implementasi Pembelajaran Biologi Menggunakan Kolaborasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Waldorf di SMA Cipta Cendikia Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, MS. dan Indri Yani, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran biologi menggunakan kolaborasi kurikulum nasional dan kurikulum Waldorf di SMA Cipta Cendikia Bogor. Penelitian dilaksanakan dari Januari 2020 sampai Juni 2020 dengan beberapa informan yaitu Guru Biologi, kepala Sekolah, Wakasek kurikulum, Wakasek Sarana dan Prasarana, Guru Bimbingan Konseling, dan Wali kelas. Penelitian dilakukan dengan kontak langsung terhadap subjek penelitian yang terdapat di lapanga, data yang diperoleh data primer dan data sekunder. Berdasarkan analisis data, pembelajaran biologi menggunakan kolaborasi kurikulum nasional dan kurikulum Waldorf terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran diawali dengan guru mengikuti pelatihan di luar negeri untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan kurikulum Waldorf. Kompetensi inti mengacu pada akhlak mulia, kepemimpinan, ilmiah, kebangsaan, kompetitif, dan berwawasan global. Aktivitas pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan saintifik dan multisensoris. Strategi pembelajaran yaitu observasi dengan metode diskusi, keterampilan, eksperimen dan observasi serta hasil rapat disosialisasikan kepada orang tua siswa yang bertujuan untuk memberikan pemahaman agar seiringan dengan kedua belah pihak. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan Morning gathering bertujuan untuk melatih mental siswa menjadi percaya diri, kegiatan sharing, kegiatan apersepsi dan motivasi, kegiatan inti serta kegiatan penutup. Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian afektif kognitif, psikomotorik dengan laporan perkembangan siswa berupa jurnal harian guru dan raport. Kata Kunci : Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Kurikulum Waldor.