<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pembelajaran Biologi Menggunakan Kolaborasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Waldorf di SMA Cipta Cendikia Bogor"^^ . "Dodah Saodah. 036116017. Implementasi Pembelajaran Biologi\r\nMenggunakan Kolaborasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Waldorf di\r\nSMA Cipta Cendikia Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah\r\nbimbingan Dr. Rita Retnowati, MS. dan Indri Yani, M.Pd.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif\r\nanalitik. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis\r\npembelajaran biologi menggunakan kolaborasi kurikulum nasional dan kurikulum\r\nWaldorf di SMA Cipta Cendikia Bogor. Penelitian dilaksanakan dari Januari 2020\r\nsampai Juni 2020 dengan beberapa informan yaitu Guru Biologi, kepala Sekolah,\r\nWakasek kurikulum, Wakasek Sarana dan Prasarana, Guru Bimbingan Konseling,\r\ndan Wali kelas. Penelitian dilakukan dengan kontak langsung terhadap subjek\r\npenelitian yang terdapat di lapanga, data yang diperoleh data primer dan data\r\nsekunder. Berdasarkan analisis data, pembelajaran biologi menggunakan\r\nkolaborasi kurikulum nasional dan kurikulum Waldorf terdiri dari perencanaan,\r\npelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran diawali dengan guru\r\nmengikuti pelatihan di luar negeri untuk mengetahui proses pembelajaran\r\nmenggunakan kurikulum Waldorf. Kompetensi inti mengacu pada akhlak mulia,\r\nkepemimpinan, ilmiah, kebangsaan, kompetitif, dan berwawasan global. Aktivitas\r\npembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan saintifik dan multisensoris.\r\nStrategi pembelajaran yaitu observasi dengan metode diskusi, keterampilan,\r\neksperimen dan observasi serta hasil rapat disosialisasikan kepada orang tua siswa\r\nyang bertujuan untuk memberikan pemahaman agar seiringan dengan kedua belah\r\npihak. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan Morning gathering\r\nbertujuan untuk melatih mental siswa menjadi percaya diri, kegiatan sharing,\r\nkegiatan apersepsi dan motivasi, kegiatan inti serta kegiatan penutup. Evaluasi\r\npembelajaran menggunakan penilaian afektif kognitif, psikomotorik dengan\r\nlaporan perkembangan siswa berupa jurnal harian guru dan raport.\r\nKata Kunci : Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Kurikulum Waldor."^^ . "2020" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Biologi, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Retnowati"^^ . "Rita"^^ . "Retnowati Rita"^^ . . "Saodah"^^ . "Dodah"^^ . "Saodah Dodah"^^ . . "Yani"^^ . "Indri"^^ . "Yani Indri"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Biologi"^^ . . . . . . . "Pembelajaran Biologi Menggunakan Kolaborasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Waldorf di SMA Cipta Cendikia Bogor (Text)"^^ . . . "DODAH SAODAH.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9603 \n\nPembelajaran Biologi Menggunakan Kolaborasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Waldorf di SMA Cipta Cendikia Bogor\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BIOLOGI" . .