<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based\r\nLearning dan Wawasan Ekologi terhadap Kemampuan Memecahkan\r\nPermasalahan Lingkungan Peserta Didik."^^ . "Rizki Rahayu. 036118030. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based\r\nLearning dan Wawasan Ekologi terhadap Kemampuan Memecahkan\r\nPermasalahan Lingkungan Peserta Didik. Universitas Pakuan. Bogor. Di\r\nbawah Bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S dan M. Taufik Awaludin,\r\nM.Pd.\r\nKemampuan pemecahan masalah sangat penting bagi setiap individu\r\nkhususnya bagi peserta didik, selain itu kemampuan pemecahan masalah\r\nmerupakan langkah awal dalam mengembangkan ide dalam membangun\r\npengetahuan baru. Model Problem Based Learning merupakan model yang\r\nbercirikan adanya permasalahan nyata yang membantu siswa untuk aktif dalam\r\npenyelesaian masalah. Selain faktor eksternal seperti model pembelajaran, terdapat\r\njuga faktor internal yang mempengaruhi kemampuan memecahkan permasalahan\r\nlingkungan, yaitu wawasan ekologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui\r\npengaruh model pembelajaran PBL dan wawasan ekologi terhadap kemampuan\r\nmemecahkan masalah. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Sukaraja Kabupaten\r\nBogor, desain penelitian yang digunakan adalah faktorial 2 x 2. Pengambilan sampel\r\ndilakukan dengan purposive sampling, yaitu kelas X MIPA, X MIPA 1 sebagai\r\nkelas kontrol dan X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan urutan skor\r\nwawasan ekologi peserta didik, kelompok peserta didik yang memiliki wawasan\r\nekologi tinggi (upper group) berjumlah 12 orang, dan peserta didik yang memiliki\r\nwawasan ekologi rendah (lower group) berjumlah 12 orang dari kelompok A1\r\nmaupun kelompok A2. Berdasarkan hasil yang didapat diketahui bahwa taraf\r\nsignifikan = 0,021 yang mana nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05\r\nsehingga Ho ditolak (H1 diterima), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa\r\nterdapat perbedaan kemampuan peserta didik dalam memecahkan permasalahan\r\nlingkungan dengan menggunakan model PBL. Peserta didik dengan wawasan\r\nekologi tinggi lebih baik kemampuan memecahkan permasalahan lingkungan\r\ndengan model PBL, sedangkan pada peserta didik dengan wawasan ekologi rendah\r\nlebih baik kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan model\r\nekspositori. Serta terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL dan wawasan\r\nekologi terhadap kemampuan memecahkan masalah.\r\nKata kunci: Kemampuan memecahkan masalah, Model Problem\r\nBased Learning, Wawasan ekologi"^^ . "2022" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Biologi, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Rahayu"^^ . "Rizki"^^ . "Rahayu Rizki"^^ . . "Awaludin"^^ . "M. Taufik"^^ . "Awaludin M. Taufik"^^ . . "Retnowati"^^ . "Rita"^^ . "Retnowati Rita"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Biologi"^^ . . . . . . . "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based\r\nLearning dan Wawasan Ekologi terhadap Kemampuan Memecahkan\r\nPermasalahan Lingkungan Peserta Didik. (Text)"^^ . . . "Rizki Rahayu.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9604 \n\nPengaruh Model Pembelajaran Problem Based \nLearning dan Wawasan Ekologi terhadap Kemampuan Memecahkan \nPermasalahan Lingkungan Peserta Didik.\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BIOLOGI" . .