eprintid: 9605 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/96/05 datestamp: 2025-05-26 01:50:59 lastmod: 2025-05-26 01:50:59 status_changed: 2025-05-26 01:50:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aulia, Rohmah creators_NPM: 036114016 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: R.Teti, Rostikawati contributors_name: Surti, Kurniasih contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0031086201 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Analisis Literasi Sains dalam Pembelajaran Biologi Siswa SMA Negeri 1 Ciampea ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: AULIA ROHMAH. 036114016. Analisis Literasi Sains dalam Pembelajaran Biologi Siswa SMA Negeri 1 Ciampea. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si, dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method-exploratory. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan literasi sains (variabel dependen) dengan faktor dominan (variabel independen) yang ada dilapangan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ciampea tahun akademik 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Sampel sebanyak 130 siswa. Berdasarkan hasil wawancara didapatkan variabel temuan yaitu pendekatan saintifik (X1) dan sikap ilmiah (X2). Setelah dilakukan uji korelasi product moment person didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan positif dalam kategori sedang antara X1 dengan Y ditunjukkan oleh koefisien korelasi ry1 = 0,585 dan hubungan positif kategori kuat antara X2 dengan Y ditunjukan oleh koefisien korelasi ry2= 0,617. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi literasi sains adalah pendekatan saintifik (X1) dan sikap ilmiah (X2). Variabel temuan X1 memiliki hubungan positif kategori sedang dengan variabel Y sedangkan variabel temuan X2 memiliki hubungan positif kategori kuat dengan literasi sains (Y). Kata kunci : Pendektan Saintifik, Sikap Ilmiah, Literasi Sains. date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Aulia, Rohmah (2018) Analisis Literasi Sains dalam Pembelajaran Biologi Siswa SMA Negeri 1 Ciampea. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9605/1/Aulia%20Rohmah.pdf