%0 Thesis %9 Skripsi %A Farah, Herniningtyas %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Biologi, %B Pendidikan Biologi %D 2022 %F eprintsunpak:9607 %I Universitas Pakuan %T Implementasi Pembelajaran STEM Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Perubahan Lingkungan %U http://eprints.unpak.ac.id/9607/ %X Farah Herniningtyas. 036118034. Implementasi Pembelajaran STEM Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Perubahan Lingkungan. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Istiana, M. Pd. dan Desti Herawati, M. Pd. Pendidikan STEM adalah pendidikan yang mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, dan matematika secara formal berbasis kurikulum. Pendidikan STEM juga dapat diberikan secara informal melalui kegiatan non-akademik dan ekstrakurikuler. Pendidikan STEM dipandang sebagai pelatihan sumber daya manusia yang memiliki keahlian yang baik di bidangnya sehingga dapat membawa inovasi-inovasi baru untuk masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan mengetahui tingkat kelayakan LKPD berbasis STEM pada materi Perubahan Lingkungan. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara dan angket dengan teknik pengumpulan data berupa lembar validasi ahli. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian tingkat kelayakan LKPD berbasis STEM pada materi Perubahan Lingkungan diperoleh nilai sebesar 83,33 % dengan kriteria “Sangat Baik”. LKPD berbasis STEM yang disusun untuk memperoleh penilaian dengan kriteria sangat baik dan telah memenuhi persyaratan serta layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi Perubahan Lingkungan. Kata kunci : Perubahan Lingkungan, LKPD, STEM