eprintid: 9608 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/96/08 datestamp: 2025-05-26 01:51:15 lastmod: 2025-05-26 01:51:15 status_changed: 2025-05-26 01:51:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suryani, Suryani creators_NPM: 036116046 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rita, Retnowati contributors_name: Suci, Siti Lathifah contributors_NIDN: 0422056401 contributors_NIDN: 0403058703 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS SISWA SMA ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: SURYANI. 036116046. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Siswa SMA. Skripsi. Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, M. S dan Suci Siti Lathifah, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning yang dapat dipasang di android, dan menguji efektivitas penggunaannya terhadap kemampuan menganalisis peserta didik materi ekosistem. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development, penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Cileungsi dari bulan Januari hingga Mei 2020. Sampel penelitian yaitu kelas IPA 6 sebagai kelas eksperimen. Kelas X IPA 6 belajar menggunakan multimedia interaktif di android. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model (4D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pelaksanaan uji coba lapangan menggunakan desain penelitian one group pretest-postest. Instrumen yang digunakan berupa tes (pre-test dan post-test), lembar angket check list, serta dokumentasi. Hasil penilaian menunjukan bahwa multimedia interaktif mendapat kategori sangat layak. Hal ini didasarkan pada persentase rata-rata penilaian dari tim validasi ahli yaitu 87%. Multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning pada android terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan menganalisis peserta didik , dengan nilai N-gain 68,02 termasuk kedalam kategori sedang dan hasil persentase kategori kemampuan menganalisis dengan nilai 82% baik dan 18% sangat baik. Dapat disimpulkan kelas X IPA 6 terdapat perbedaan hasil belajar dari menggunakan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning pada android date: 2020 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Suryani, Suryani (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9608/1/SKRIPSI%20SURYANI%20%28036116046%29_compressed.pdf