eprintid: 9609 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/96/09 datestamp: 2025-05-26 01:51:26 lastmod: 2025-05-26 01:51:26 status_changed: 2025-05-26 01:51:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Siti, Afifah Farhan creators_NPM: 036114080 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Surti, Kurniasih contributors_name: Lufty, Hari Susanto contributors_NIDN: 0031086201 contributors_NIDN: 0430058702 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS MAJALAH EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: SITI AFIFAH FARHAN. Pengembangan Handout berbasis Majalah Edukasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X. Skripsi. Universitas pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si dan Lufty Hari Susanto, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil Handout berbasis majalah edukasi pada kelas X, meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 1 Taman Sari, dan mendeskripsikan tanggapan guru terhadap pembelajaran biologi menggunakan Handout berbasis majalah edukasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret hingga Desember 2018. Populasi penelitian sebanyak 36 orang siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Taman Sari tahun ajaran 2018/2019. Pelaksanaan uji coba lapangan hanya dilakukan uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) hasil validasi kelayakan handout berbasis majalah edukasi menunjukan kriteria valid tanpa revisi dengan pencapaian sebesar 84,7% 2) efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan hasil motivasi sebelum menggunakan handout dengan presentase sebesar 69% siswa yang memiliki motivasi belajar dengan kategori kurang baik dan 31% kategori cukup baik sedangkan hasil motivasi belajar siswa setelah menggunakan handout berbasis majalah edukasi yaitu 63% siswa yang memiliki motivasi kategori baik, 31% siswa dengan motivasi belajar kategori sangat baik dan 6% siswa dengan motivasi belajar kategori cukup baik. Hal ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. 3) handout berbasis majalah edukasi dapat membantu guru selama proses pembelajaran dengan hasil rata-rata tanggapan guru 86% (sangat baik). date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Siti, Afifah Farhan (2018) PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS MAJALAH EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9609/1/Siti%20Afifah%20Farhan.pdf