<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "AUGMENTED DAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENERIMAAN\r\nSISWA BARU SEKOLAH MENENGAH ATAS"^^ . "AUGMENTED DAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENERIMAAN\r\nSISWA BARU SEKOLAH MENENGAH ATAS\r\nFahrieza Nararya1)\r\n, Sufiatul Maryana2)\r\n, Erniyati3)\r\nFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan\r\nJl. Pakuan, RT.02/RW.06, Tegallega, Kota Bogor, Jawa Barat 16129\r\nEmail: 1\r\nfachriezanararya@gmail.com,\r\n2\r\n,\r\n3neni_erniyati@unpak.ac.id\r\nAbstrak\r\nSeiring dengan perkembangan teknologi, media promosi sekolah yang selama ini hanya\r\nmenggunakan brosur dianggap kurang efektif dalam memberikan informasi yang\r\nmendetail mengenai fasilitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan\r\nmengembangkan aplikasi berbasis Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)\r\nsebagai media promosi penerimaan siswa baru di SMAN 1 Parakansalak. Aplikasi ini\r\nmemungkinkan calon siswa untuk mendapatkan pengalaman interaktif dalam mengenal\r\nlingkungan sekolah secara lebih nyata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini\r\nadalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap:\r\nconcept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil pengujian\r\nmenunjukkan bahwa aplikasi ini berfungsi dengan baik berdasarkan uji coba struktural,\r\nfungsional, validasi cahaya, posisi AR, dan spesifikasi perangkat. Pengujian beta\r\nmenggunakan metode System Usability Scale (SUS) menghasilkan skor rata-rata 70,625,\r\nyang menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat diterima dan layak digunakan sebagai media\r\npromosi sekolah. Dengan adanya aplikasi berbasis AR dan VR ini, sekolah dapat\r\nmeningkatkan daya tarik promosi bagi calon siswa dengan memberikan pengalaman yang\r\nlebih interaktif dan informatif. Untuk pengembangan lebih lanjut, disarankan agar kedua\r\naplikasi dapat diintegrasikan menjadi satu serta menambahkan fitur interaksi yang lebih\r\nkompleks dalam VR.\r\nKata Kunci: augmented1\r\n, virtual reality2\r\n, media promosi3\r\n, siswa baru4\r\n, sekolah menengah atas5"^^ . "2025-01-28" . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Fahrieza"^^ . "Nararya"^^ . "Fahrieza Nararya"^^ . . "Erniyati"^^ . "Erniyati"^^ . "Erniyati Erniyati"^^ . . "Sufiatul"^^ . "Maryana"^^ . "Sufiatul Maryana"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Matematika dan Ilmu Pnegetahuan Alam"^^ . . . "Program Studi Ilmu Komputer"^^ . . . . . . "HTML Summary of #9624 \n\nAUGMENTED DAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENERIMAAN \nSISWA BARU SEKOLAH MENENGAH ATAS\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Komputer"@en . . . "Farmasi"@en . .