eprintid: 9629 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/96/29 datestamp: 2025-06-12 02:03:33 lastmod: 2025-06-12 02:03:33 status_changed: 2025-06-12 02:03:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Delina, Marcelin creators_NPM: 036113007 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/SAD contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: R.Teti, Rostikawati contributors_name: Indri, Yani contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0405128703 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Perbedaan model pembelajaran learning cycle (7e) dan group investigation (gi) terhadap hasil belajar biologi: diajukan sebagai salah satu syarat meperoleh gelar sarjana pendidikan. ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: DELINA MARCELIN. 036113007. Perbedaan Model Pembelajaran Learning Cycle (LC) Dan Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah Bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si dan Indri Yani M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran Learning Cycle (LC) dan Group Investigaton (GI) pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA di SMA Negeri 1 Parungkuda tahun akademik 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas XI MIA 1 yang diberikan perlakuan model pembelajaran Learning Cycle (LC) dengan jumlah 37 siswa, dan XI MIA 3 yang diberikan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan jumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 pada ranah kognitif diperoleh Fhitung 4,48 sedangkan Ftabel sebesar = 1,99 sehingga diperoleh nilai F hitung > F table, dengan demikian hipotesis nol (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Bedasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat sismpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran Learning Cycle (LC) dan Group Investigation (GI). Hasil belajar biologi kelompok Learning Cycle (LC) lebih baik dibandingkan dengan kelompok kelas Group Investigation (GI), hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata aspek kognitif dari masing masing model pembelajaran. Kata kunci : model pembelajaran Learning Cycle (LC) dan Group Investigation (GI), Hasil belajar date: 2017 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Delina, Marcelin (2017) Perbedaan model pembelajaran learning cycle (7e) dan group investigation (gi) terhadap hasil belajar biologi: diajukan sebagai salah satu syarat meperoleh gelar sarjana pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9629/1/DELINA%20MARCELIN.pdf