<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penerapan model pembelajaran discovery\r\nlearning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam.\r\nPada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 01 Kecamatan Sukmajaya\r\nKota Depok semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017"^^ . "Ria Rahmawati, NPM. 037112095. Penerapan model pembelajaran discovery\r\nlearning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam.\r\nPada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 01 Kecamatan Sukmajaya\r\nKota Depok semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi\r\nPendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.\r\nUniversitas Pakuan Bogor. 2016.\r\nPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara\r\nkolaboratif antara peneliti dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah\r\nuntuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi\r\ntumbuhan hijau pada siswa kelas V melalui model pembelajaran discovery learning.\r\nObjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 01 kelas V yang\r\nterdiri dari 40 siswa, dengan komposisi 20 siswa laki-laki, dan 20 siswa perempuan.\r\nPenelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.\r\nHasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran\r\nIlmu Pengetahuan Alam pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata 62,9 dengan\r\npersentase ketuntasan hasil belajar sebesar 70%, nilai rata-rata hasil belajar siklus\r\nkedua memperoleh nilai 70,1 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar\r\n87,5%. Sedangkan kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama\r\nmemperoleh nilai sebesar 74,3% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 94%.\r\nBegitu pula dengan hasil observasi sikap siswa menunjukan adanya peningkatan\r\npada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama yaitu\r\n71%, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,5% dan hasil\r\nobservasi keterampilan siswapun meningkat pada siklus pertama memperoleh nilai\r\nrata-rata 64,6 dan meningkat pada siklus kedua menjadi 84,5%.\r\nBerdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran\r\nDiscovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar\r\nNegeri Sukmajaya 01 Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Selain itu model\r\npembelajaran Discovery Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran,\r\nmeningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran di kelas serta meningkatkan sikap\r\ndan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran."^^ . "2016" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PGSD, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Rahmawati"^^ . "Ria"^^ . "Rahmawati Ria"^^ . . "Kurnia"^^ . "Dadang"^^ . "Kurnia Dadang"^^ . . "Permana"^^ . "Irvan"^^ . "Permana Irvan"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar"^^ . . . . . . . "Penerapan model pembelajaran discovery\r\nlearning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam.\r\nPada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 01 Kecamatan Sukmajaya\r\nKota Depok semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 (Text)"^^ . . . "Ria Rahmawati.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9672 \n\nPenerapan model pembelajaran discovery \nlearning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. \nPada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 01 Kecamatan Sukmajaya \nKota Depok semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR" . .