relation: http://eprints.unpak.ac.id/9673/ title: Perbedaan Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Melalui Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning. creator: Eneng, Muthiatul Athiyah subject: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR description: Eneng Muthiatul Athiyah 037114194. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Melalui Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku melalui model discovery learning dan model problem based learning dengan model konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Babakan Dramaga 04 Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor di kelas IV semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,92. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t, maka terdapat perbedaan hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku melalui model discovery learning diperoleh nilai N-Gain 72 dengan ketuntasan hasilbelajar 100%, model problem based learning diperoleh nilai N-Gain 66 94% dan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai N-Gain 56 dengan ketuntasan hasil belajar 78%. Hasil pengujian hipotesis pada kelompok model discovery learning dan model problem based learning menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung 2,3126 ≥ ttabel 1,997. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku melalui model discovery learning dan model problem based learning, serta model pembelajaran paling efektif adalah model discovery learning. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Discovery Learning, dan model Problem Based Learning date: 2018 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/9673/1/Eneng%20Muthiatul%20Athiyah.pdf identifier: Eneng, Muthiatul Athiyah (2018) Perbedaan Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Melalui Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.