eprintid: 9686 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/96/86 datestamp: 2025-06-21 02:00:05 lastmod: 2025-06-21 02:00:05 status_changed: 2025-06-21 02:00:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zahra, Mutiara creators_NPM: 037118148 contributors_name: Sukmanasa, Elly contributors_name: Novita, Lina contributors_NIDN: 0429076901 contributors_NIDN: 0412117404 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA TEMA SEHAT ITU PENTING SUBTEMA PEREDARAN DARAHKU SEHAT Pendekatan Penelitian Research And Development pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pakansari 02 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 ispublished: pub divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Pengembangan e-modul berbasis canva ini didasari oleh permasalahan yang ditemukan di SDN Pakansari 02 Cibinong Kabupaten Bogor. Berdasarkan hasil observasi, permasalahan yang ditemukan adalah siswa belum mendapatkan bahan ajar yang inovatif, masih menggunakan buku tema, bupena dalam proses pembelajaran dan juga guru belum mengembangkan bahan ajar yang berbasis elektronik dan aplikasi. Penelitian ini dikembangkan dengan tujuan: (1) mengembangkan e-modul berbasis canva pada kelas V tema 1 subtema 1 pembelajaran 1. (2) mengetahui kelayakan e-modul berbasis canva dengan uji validasi oleh ahli media, materi, bahasa, dan respon siswa. Subjek yang di uji-cobakan merupakan siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian pengembangan ini berupa presentase dari penskoran uji validasi oleh validator ahli materi dengan skor 87%, termasuk kategori sangat layak, ahli media sebesar 95% dengan kategori sangat layak dan ahli bahasa memberi skor sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Hasil penelitian menunjukkan respon positif dengan presentase skor diperoleh berdasarkan angket respon siswa sebesar 89% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis canva pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 ini layak untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Pengembangan, E-Modul, Canva date: 2023-05-23 date_type: published institution: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan department: pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Zahra, Mutiara (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA TEMA SEHAT ITU PENTING SUBTEMA PEREDARAN DARAHKU SEHAT Pendekatan Penelitian Research And Development pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pakansari 02 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9686/1/Skripsi%20Mutiara%20Zahra.pdf