eprintid: 9688 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/96/88 datestamp: 2025-06-21 02:00:12 lastmod: 2025-06-21 02:00:12 status_changed: 2025-06-21 02:00:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Novia, Maharani creators_NPM: 037117088 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nedin, Badruzzaman contributors_name: Mira, Mirawati contributors_NIDN: 8807070018 contributors_NIDN: 0411068001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Korelasional Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bojong 01 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Novia Maharani 037117088. Hubungan Interaksi Sosial dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Interaksi Sosial dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik V Sekolah Dasar Negeri Bojong 01 Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 66 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan interaksi sosial dengan kemandirian belajar peserta didik ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,447. Ini menunjukkan adanya hubungan antara interaksi sosial dengan kemandirian belajar peserta didik, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,199 atau sebesar 19,9%. Sisanya sebanyak 80,1% ditentukan oleh faktor lain. Ratarata kemandirian belajar pada peserta didik sebesar 19,9% ditentukan oleh interaksi sosial melalui persamaan regresi Ŷ = 74,59+ 0,39X, artinya setiap kenaikan unit nilai interaksi sosial akan menyebabkan kenaikan kemandirian belajar peserta didik sebesar 0,39 unit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara interaksi sosial dengan kemandirian belajar peserta didik pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bojong 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Novia, Maharani (2022) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Korelasional Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bojong 01 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9688/1/SKRIPSI%20HARDCOVER_NOVIA%20MAHARANI.pdf