TY - THES Y1 - 2022/// AV - public TI - Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Benda Tunggal dan Campuran : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi di Kelas V SDN Bojong Kiharib Kec. Cigombong Tahun Ajaran 2021/2022. N2 - Dwi Nola Sumiati, 037118162. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Benda Tunggal Dan Campuran Kelas V SD. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Bojong Kiharib Kecamatan Cigombong kelas V A dan V B pada bulan Juni semester genap. Hasil penelitian menunjukan nilai N-Gain pada kelas eksperimen lebih berpengaruh dibandingkan dengan kelas kontrol. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji liliefors kedua sampel distribusi normal karena kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ? Ltabel yaitu 0,430 ? 0,173, pada kelompok kelas Discovery Learning Lhitung ? Ltabel yaitu 0,336 ? 0, 173. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena lebih kecil dari Ftabel, didapatkan nilai 1,42 ? 2,01. Selanjutnya pada uji hipotesis thitung sebesar 53,3 lebih besar dari ttabel sebesar 2,01063, menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan model Problem Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar serta lebih efektif dari pada model Discovery Learning pada subtema benda tunggal dan campuran. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar. A1 - Dwi, Nola Sumiati PB - Universitas Pakuan ID - eprintsunpak9691 UR - http://eprints.unpak.ac.id/9691/ M1 - Skripsi ER -