eprintid: 9691 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/96/91 datestamp: 2025-06-21 02:00:33 lastmod: 2025-06-21 02:00:33 status_changed: 2025-06-21 02:00:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dwi, Nola Sumiati creators_NPM: 037118162 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuyun, Elizabeth Patras contributors_name: Nita, Karmila contributors_NIDN: 0427077704 contributors_NIDN: 0425128802 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Benda Tunggal dan Campuran : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi di Kelas V SDN Bojong Kiharib Kec. Cigombong Tahun Ajaran 2021/2022. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Dwi Nola Sumiati, 037118162. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Benda Tunggal Dan Campuran Kelas V SD. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Bojong Kiharib Kecamatan Cigombong kelas V A dan V B pada bulan Juni semester genap. Hasil penelitian menunjukan nilai N-Gain pada kelas eksperimen lebih berpengaruh dibandingkan dengan kelas kontrol. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji liliefors kedua sampel distribusi normal karena kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,430 ≤ 0,173, pada kelompok kelas Discovery Learning Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,336 ≤ 0, 173. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena lebih kecil dari Ftabel, didapatkan nilai 1,42 ≤ 2,01. Selanjutnya pada uji hipotesis thitung sebesar 53,3 lebih besar dari ttabel sebesar 2,01063, menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan model Problem Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar serta lebih efektif dari pada model Discovery Learning pada subtema benda tunggal dan campuran. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar. date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Dwi, Nola Sumiati (2022) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Benda Tunggal dan Campuran : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi di Kelas V SDN Bojong Kiharib Kec. Cigombong Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9691/1/SKRIPSI%20DWI%20NOLA.pdf