eprintid: 9754 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/97/54 datestamp: 2025-07-04 06:50:00 lastmod: 2025-07-04 06:50:00 status_changed: 2025-07-04 06:50:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Khairunnisa, Aplindha Kuswaya creators_NPM: 036113031 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rita, Retnowati contributors_name: R. Teti, Rostikawati contributors_NIDN: 0422056401 contributors_NIDN: 0018046003 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Analisis Sequential Exploratory Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Penelitian ini menggunakan Mixed Methods Sequential Exploratory. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran biologi yang dilaksanakan di salah satu SMA swasta Kabupaten Sukabumi pada siswa kelas X. Penelitian ini meliputi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Tahap penelitian kualitatif data penelitian didapatkan berdasarkan wawancara guru dan siswa dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, analisis dalam situs dan analisis antar situs sedangkan pada tahap penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X sebanyak 99 responden yang diperoleh menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif didapatkan motivasi sebagai variabel bebas (dependent variable) terhadap kesulitan belajar sebagai variabel terikat (independent variable). Data penelitian kuantitatif diperoleh dengan menggunakan instrumen berskala lima untuk variabel bebas maupun terikat. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitas menggunakan rumus Product Moment Person dan pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil pengujian prasyarat berupa uji normalitas Lilliefors untuk variabel Y atas X menunjukkan sampel berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Bartlett menunjukkan populasi bersifat homogen. Pengujian hipotesis kuantitatif menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara motivasi belajar dengan kesulitan belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa semakin rendah motivasi belajar siswa maka semakin tinggi kesulitan belajarnya. Kesulitan belajar siswa dapat ditentukan oleh faktor lain diantaranya adalah sarana dan prasarana, proses pembelajaran, minat siswa, materi pelajaran, waktu belajar, serta kebiasaan belajar. date: 2017 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Khairunnisa, Aplindha Kuswaya (2017) Analisis Sequential Exploratory Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9754/1/FULL%20TEXT%20Khairunnisaa%20A%20036113031.pdf