%D 2021 %L eprintsunpak9762 %X Fajar Ramdhani. 037116188. Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dilakukan dengan metode survey. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menjelaskan, memaparkan pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter siswa. Subjek penelitian ini adalah 76 peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Cicadas 01 Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan sampel sebanyak 44 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel ekstrakurikuler pramuka dan karakter siswa untuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter siswa, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,476 dengan rtabel sebesar 0,297, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,227 atau sebesar 22,7%. Hal ini berarti ekstrakurikuler mempengaruhi karakter siswa sebesar 22,7%, melalui persamaan regresi Ŷ = 13,18 + 0,499X. Sisanya sebanyak 77,3% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter siswa. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan karakter siswa maka dianjurkan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka tersebut. Kata Kunci : Ekstrakurikuler Pramuka, Karakter Siswa %I Universitas Pakuan %T Pengaruh Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Karakter Siswa Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Kausal pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cicadas 01 Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. %A Ramdhani Fajar