<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Analisis Pengembangan Diri Siswa Tunagrahita Kategori Sedang dalam Merawat Diri : Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif pada Kelas V Sekolah Luar Biasa-C Dharma Wanita Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) kemampuan\r\npengembangan diri makan dan minum menggunakan alat pada anak\r\ntunagrahita kategori sedang kelas V di SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor,\r\ndan 2) faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam\r\nkemampuan pengembangan diri makan dan minum menggunakan alat\r\npada anak tunagrahita kelas V di SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualititatif. Subjek penelitian\r\nyaitu satu anak tunagrahita kategori sedang kelas V di SLB-C Dharma\r\nWanita Kota Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,\r\nwawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam\r\npenelitian ini adalah pengumpulan data, analisis data, pengecekan\r\nkeabsahan data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian yang telah\r\ndilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa;1) kemampuan\r\npengembangan diri makan dan minum pada anak tunagrahita sedang kelas\r\nV di SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor dalam aspek yang mampu\r\ndilakukan sendiri memegang centong, menggunakan centong, memegang\r\nsendok sayur, memegang sendok makan dengan tangan kanan,\r\nmenyendok makanan secukupnya, memasukkan makanan ke dalam mulut\r\ndan mengunyah makanan perlahan-lahan, menyendok makanan tanpa\r\nmenimbulkan bunyi, menelan makanan perlahan-lahan, dan merapikan\r\nnasi, lauk dan sayur yang tercecer. 2) faktor pendukung dan penghambat\r\nkemampuan pengembangan diri makan dan minum menggunakan alat\r\npada anak tunagrahita sedang kelas V di SLB-C Dharma Wanita Kota\r\nBogor sebagai berikut; a) faktor pendukung yaitu, adanya sumber belajar\r\nyang lengkap berupa buku atau modul dengan gambar-gambar peralatan\r\nmakan dan minum, tersedianya ruang praktek pengembangan diri. b) faktor\r\npenghambat yaitu, kurang kondusifnya suasana kelas karena adanya\r\ngangguan dari luar dan kurangnya motivasi dari orang tua dalam\r\nmengajarkan anak agar dapat makan dan minum dengan mandiri."^^ . "2022" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PGSD, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Novita"^^ . "Lina"^^ . "Novita Lina"^^ . . "Muhajang"^^ . "Tatang"^^ . "Muhajang Tatang"^^ . . "Yola"^^ . "Liyani Iwangga"^^ . "Yola Liyani Iwangga"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar"^^ . . . . . . . "Analisis Pengembangan Diri Siswa Tunagrahita Kategori Sedang dalam Merawat Diri : Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif pada Kelas V Sekolah Luar Biasa-C Dharma Wanita Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. (Text)"^^ . . . "Yola Liyani Iwangga_037115203_PGSD_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9764 \n\nAnalisis Pengembangan Diri Siswa Tunagrahita Kategori Sedang dalam Merawat Diri : Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif pada Kelas V Sekolah Luar Biasa-C Dharma Wanita Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR" . .