eprintid: 9764 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/97/64 datestamp: 2025-07-04 06:50:42 lastmod: 2025-07-04 06:50:42 status_changed: 2025-07-04 06:50:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Liyani Iwangga, Yola creators_NPM: 037115203 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tatang, Muhajang contributors_name: Lina, Novita contributors_NIDN: 0405056904 contributors_NIDN: 0412117404 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Analisis Pengembangan Diri Siswa Tunagrahita Kategori Sedang dalam Merawat Diri : Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif pada Kelas V Sekolah Luar Biasa-C Dharma Wanita Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) kemampuan pengembangan diri makan dan minum menggunakan alat pada anak tunagrahita kategori sedang kelas V di SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor, dan 2) faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam kemampuan pengembangan diri makan dan minum menggunakan alat pada anak tunagrahita kelas V di SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualititatif. Subjek penelitian yaitu satu anak tunagrahita kategori sedang kelas V di SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, analisis data, pengecekan keabsahan data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa;1) kemampuan pengembangan diri makan dan minum pada anak tunagrahita sedang kelas V di SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor dalam aspek yang mampu dilakukan sendiri memegang centong, menggunakan centong, memegang sendok sayur, memegang sendok makan dengan tangan kanan, menyendok makanan secukupnya, memasukkan makanan ke dalam mulut dan mengunyah makanan perlahan-lahan, menyendok makanan tanpa menimbulkan bunyi, menelan makanan perlahan-lahan, dan merapikan nasi, lauk dan sayur yang tercecer. 2) faktor pendukung dan penghambat kemampuan pengembangan diri makan dan minum menggunakan alat pada anak tunagrahita sedang kelas V di SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor sebagai berikut; a) faktor pendukung yaitu, adanya sumber belajar yang lengkap berupa buku atau modul dengan gambar-gambar peralatan makan dan minum, tersedianya ruang praktek pengembangan diri. b) faktor penghambat yaitu, kurang kondusifnya suasana kelas karena adanya gangguan dari luar dan kurangnya motivasi dari orang tua dalam mengajarkan anak agar dapat makan dan minum dengan mandiri. date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Liyani Iwangga, Yola (2022) Analisis Pengembangan Diri Siswa Tunagrahita Kategori Sedang dalam Merawat Diri : Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif pada Kelas V Sekolah Luar Biasa-C Dharma Wanita Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9764/1/Yola%20Liyani%20Iwangga_037115203_PGSD_compressed.pdf