eprintid: 9765 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/97/65 datestamp: 2025-07-04 06:50:47 lastmod: 2025-07-04 06:50:47 status_changed: 2025-07-04 06:50:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syafuriani, Dwi Harmi Putri creators_NPM: 037118174 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rais, Hidayat contributors_name: Rukmini, Handayani contributors_NIDN: 0426067204 contributors_NIDN: 0412078704 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Keliling Bangun Datar : Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Siswa Kelas IV SDN Tarikolot 02 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar materi Keliling bangun datar pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tarikolot 02 Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuasi. Populasinya terdiri dari kelas IV-A dan IV-B yang terdiri 60 orang. Penelitian dilakukan sebanyak dua kali pertemuan di setiap kelompok kelasnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes kemampuan awal (pretest) dan tes kemampuan akhir (Posttest). Analisis data yang dilakukan dengan Uji N-Gain, Uji Normalitas, dan Uji Homogenitas sebagai uji prasyarat sebelum melakukan Uji Hipotesis (Uji t). Hasil nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 57, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 49. Hasil analisis data diperoleh t-hitung (8,77770) > t tabel (2,00172) untuk signifikansi 5%. berdasarkan kriteria pengujian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar. Kata Kunci : PBL, Hasil Belajar Keliling Bangun Datar. date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Syafuriani, Dwi Harmi Putri (2022) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Keliling Bangun Datar : Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Siswa Kelas IV SDN Tarikolot 02 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9765/1/Syafuriani%20Dwi%20Harmi%20Putri.pdf