eprintid: 9766 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/97/66 datestamp: 2025-07-04 06:50:52 lastmod: 2025-07-04 06:50:52 status_changed: 2025-07-04 06:50:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Erlanda, Putri Utami creators_NPM: 037113280 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rais, Hidayat contributors_name: Tatang, Muhajang contributors_NIDN: 0426067204 contributors_NIDN: 0405056904 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Hubungan Antara Kreativitas Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Studi Korelasional di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: dengan Prestasi Belajar Siswa pada Siswa Kelas V-A, V-B dan V-C Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kecamatan Tanah Sareal semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor, 2017. Penelitian ini meriupakan studi korelasional melalui metode survai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kreativitas dengan prstasi belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner berskala lima untuk variabel kreativitas, sedangkan untuk prestasi belajar data penelitian ini diperoleh dari nilai rapor siswa. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kecamatan Tanah Sareal semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 105 siswa. Sampel yang diambil 51 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamaro. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas dengan uji Liliefors. Setelah uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan antara kreativitas siswa dengan prestasi belajar siswa. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 35,8 + 0,43X, dengan harga Fhitung sebesar 4,30 lebih besar dari Ftabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 4,28 dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 81%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa. date: 2017 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Erlanda, Putri Utami (2017) Hubungan Antara Kreativitas Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Studi Korelasional di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9766/1/Erlanda%20Putri%20Utami.pdf