%X Irza Ghozaly. 037117133.Analisis Kesulitan Membaca Siswa kelas IV. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2023. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis kesulitan membaca siswa kelas IV sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini merupakan lima siswa kelas tinggi yakni kelas IV A Sekolah Dasar AL-GHAZALY Kota Bogor. Pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan juga pengumpulan data dan dokumentasi untuk menunjang penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima siswa tersebut kesulitan membaca. Adapun faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan membaca seperti rasa malas dan bosan mengikuti pembelajaran kelas, kurangnya semangat dan motivasi dalam diri siswa. Lalu, keadaan lingkungan rumah kurang kondusif, lingkungan sekolahnya yang terlalu berisik dikarenakan suara kendaraan yang terlalu bising, peran orang tua yaitu kurangnya perharian orang tua ketika siswa sedang melakukan pembelajaran di rumah karena orang tua uang sibuk dalam bekerja sehingga kurangnya pantauan dari orang tua yang mengakibatkan siswa tersebut sulit dalam hal membaca dan kurangnya fasilitas seperti buku panduan membaca ataupun media-media lainnya. Meskipun peran guru sudah maksimaL tetapi media-media pembelajarannya yang belum cukup berkembang masih menggunakan media yang terdahulu. Keunggulan dari kelima siswa tersebut cukup beragam unggul dalam bidang olahraga yaitu bermain bola, bermain volly, dan bermain badminton. Selain itu ada dibidang pramuka. Kata Kunci : Kesulitan Membaca Siswa Kelas IV %D 2023 %T Analisis Kesulitan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar : Studi Ini Dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Al-Ghazaly Kota Bogor Semester Genap Ajaran 2022/2023. %A Ghozaly Irza %I Universitas Pakuan %L eprintsunpak9904