efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Wisata Gardenia Park Cilember dengan Pendekatan EPIC Model.

Sa’diah, Novatu and Andria, Fredi and Hamzah, Hamzah (2025) efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Wisata Gardenia Park Cilember dengan Pendekatan EPIC Model. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2025 Novatu Sa'diah 021121277 Bab (1).pdf

Download (625kB)
[img] Text
2025 Novatu Sa'diah 021121277 Bab (2).pdf

Download (388kB)
[img] Text
2025 Novatu Sa'diah 021121277 Bab (3).pdf

Download (337kB)
[img] Text
2025 Novatu Sa'diah 021121277 Daftar Pustaka.pdf

Download (210kB)

Abstract

NOVATU SA’DIAH. 021121277. Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Wisata Gardenia Park Cilember dengan Pendekatan EPIC Model. Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan HAMZAH BUSTOMI, 2025. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, telah mengubah cara destinasi wisata dalam mempromosikan tempatnya, salah satunya menggunakan media sosial yaitu platfrom Instagram yang memiliki keunggulan dalam menyajikan konten menarik, di era digital ini promosi konvensional mulai ditinggalkan dan bergeser ke media digital yang lebih interaktif dan menjangkau khalayak luas. Salah satu destinasi wisata Puncak Bogor Gardenia Park Cilember turut memanfaatkan Instagram untuk memperkenalkan serta menarik para pengunjung dalam berkunjung ke Wisata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis tingkat efektivitas promosi melalui media sosial Instagram pada Wisata Gardenia Park Cilember, dan dimensi mana yang paling dominan dalam mempromosikan wisata, serta memberikan rekomendasi strategi pada Wisata Gardenia Park Cilember dalam mempromosikan wisatanya melalui media sosial Instagram. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dan menggunakan data primer dan sekunder. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah melakukan uji validitas dan reliabilitas, serta menggunakan EPIC Model dengan cara menghitung tabulasi sederhana, menghitung skor rata-rata dan menghitung epic rate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas promosi melalui media sosial Instagram pada Wisata Gardenia Park Cilember mendapat hasil yang baik berdasarkan pada dimensi Empathy, Persuasion, Impact, Communication sehingga mendapat ulasan positif. Adapun hasil nilai EPIC rate secara keseluruhan yaitu sebesar 4,16 yang berada pada rentang penilaian 3,41 – 4,20 menunjukkan bahwa berada pada tingkat efektif, yang artinya bahwa aktivitas media sosial Instagram Gardenia Park Cilember yang sudah dilakukan sampai saat ini sudah terbilang efektif sebagai alat promosi untuk memperkenalkan wisata Gardenia Park Cilember pada audien. Kata Kunci: Efektivitas Promosi, Media Sosial, Wisata, EPIC Model

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 02 Nov 2025 14:19
Last Modified: 02 Nov 2025 14:19
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/10173

Actions (login required)

View Item View Item