PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN BENDA DI LINGKUNGANNYA Studi kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada kelas V A dan V B di SDN Duta Pakuan Kota Bogor Semster Genap Tahun Ajaran 2020/2021

Marwah, Hilda and Mahajani, Tri and Suchyadi, Yudhie (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN BENDA DI LINGKUNGANNYA Studi kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada kelas V A dan V B di SDN Duta Pakuan Kota Bogor Semster Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021PGSD HILDA.pdf

Download (59kB)

Abstract

ABSTRAK Hilda Sovia Marwah. 037117067. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya. Prenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya pada kelas V SDN Duta Pakuan Kota Bogor tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan Eksperimen Quasi desain dua grup dengan Simple Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputiuji normalitas, uji homogenitas varians, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya. Hal ini terlihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 82, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 73. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 94% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 77%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,64697) > ttabel (2,00030). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya”. Hasil penelitian ini iharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Hasil belajar, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 12:40
Last Modified: 01 Sep 2022 02:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item