ANALISIS PUBLISITAS MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @CHEMISTRY_STRAIGHT UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MEREK CHEMISTRY STRAIGHT

Mahardika, Arya Dwi and Muhammad, Reza and Jayawinangun, Roni and Amaliasari, Diana (2025) ANALISIS PUBLISITAS MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @CHEMISTRY_STRAIGHT UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MEREK CHEMISTRY STRAIGHT. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya.

[img] Text
ARYA DWI MAHARDIKA_044118476 - Arya Dwi Mahardika.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui publisitas sosial media Instagram @Chemistry_Straight, mengetahui kesadaran merek terhadap merek Chemistry Straight, dan analisis publisitas melalui sosial media Instagram @Chemistry_Straight (X) untuk meningkatkan kesadaran merek Chemistry Straight (Y). Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas yakni publisitas dalam sosial media Instagram @Chemistry_Straight (X) dengan indikator kreativitas, beragam, mudah dipahami, legabilitas, kuantitas, dan visibilitas. Sedangkan untuk variabel terikat yang digunakan adalah kesadaran merek Chemistry Straight (Y) dengan indikator, recall, recognition, purchase, dan consumption. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desktiptif. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran survei yang disebarkan kepada masyarakat Kecamatan Bogor Timur dengan sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rataan pada variabel bebas masuk dalam kategori sangat tinggi, dengan rataan nilai di atas 3,4, dan hanya pada indikator beragam yang hanya masuk kategori tinggi dengan rataan 3,34, sedangkan untuk nilai tertinggi dimiliki oleh mudah dipahami dengan rataan 3,47. Indikator lainnya memiliki nilai yang sama, kreativitas dan legabilitas sama-sama memiliki rataan 3,43, begitu juga dengan kuantitas dan visibilitas yang memiliki nilai rataan sama 3,41. Untuk variabel terikat, semua indikator mendapatkan kategori yang sangat tinggi, dan recall menjadi yang paling tinggi dengan rataan 3,49, diikuti oleh consumption dengan rataan 3,45, dan recognition dan purchase yang sama-sama memiliki rataan 3,43. Dari kesemua nilai rataan pada setiap indikator tersebut kemudian diketahui bahwa terdapat pengaruh antara variabel publisitas melalui sosial media Instagram @Chemistry_Straight (X) untuk kesadaran merek Chemistry Straight (Y). Pengaruh antar variabel ini ditentukan dengan nilai dari uji T, uji F, regresi linear dan koefisien determinasi yang hasilnya mendukung kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:36
Last Modified: 15 Jul 2025 02:36
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9790

Actions (login required)

View Item View Item