Rizky Ananda, Fifi (2025) SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN MONITORING ASRAMA MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Full text not available from this repository.Abstract
Asrama adalah fasilitas atau tempat tinggal yang disediakan untuk peserta pelatihan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengikuti program peningkatan kapasitas dan pengembangan kompetensi dibawah naungan kementrian perhubungan. K-Means Clustering adalah suatu teknik clustering yang digunakan untuk pengelompokan data kedalam jumlah cluster berdasarkan pola-pola yang ditemukan pada data tersebut. Sementara AHP merupakan sebuah metode untuk mengambil sebuah keputusan yang digunakan untuk menentukan prioritas atau memilih alternatif terbaik. KMeans Clustering dapat mengidentifikasi asrama yang kompleks dan mengelompokan arah kamar, sementara AHP untuk mengevaluasi berbagai kriteriayang relevan dalam proses pengambilan keputusan. Kombinasi dari kedua metode ini dapat memberikan wawasan dan solusi yang lebih optimal dalam monitoring asrama, serta tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga mendukung terciptanya pelayanan yang lebih baik bagi peserta pelatihan. Dalam upaya untuk mengatasi tantangan yang dihadapi dalam monitoring asrama tersebut, penggunaan teknologi dan analisis data menjadi semakin penting, dengan memahami monitoring asrama, pengelola asrama dapat mengambil langkah-langkah yang lebih baik dalam penanganan tersebut. Kata Kunci: Sistem Penunjang Keputusan, Asrama, K-Means Clustering, Analytical Hierarchy Process, Web.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Ilmu Komputer | 
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer | 
| Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK | 
| Date Deposited: | 15 Sep 2025 07:26 | 
| Last Modified: | 15 Sep 2025 07:26 | 
| URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9912 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
