Legita, Fajrin Oktaviayu (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning "PJBL" dan Game Based Learning "GBL" terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
|
Text
Legita Fajrin.pdf Download (1MB) |
Abstract
LEGITA FAJRIN OKTAVIAYU. 036119004. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Game Based Learning (GBL) Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah Bimbingan Dr. Rita Retnowati. M.S. dan Lufty Hari Susanto, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul pada proses pembelajaran yakni guru belum mengoptimalkan penggunaan model pembelajaran yang inovatif untuk siswa selama kegiatan pembelajaran di kelas dan keterampilan kolaborasi antar siswa belum dilatih dengan baik, terutama pada kegiatan diskusi kelompok yang dimana siswa belum berkontribusi secara aktif dan menunjukkan tanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan kolaborasi siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Game Based Learning (GBL) pada materi sistem reproduksi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai dengan Juni 2018. Populasinya adalah siswa kelas XI MIPA di MAN 02 Kota Bogor Tahun akademik 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 6 yang diberikan perlakuan model pembelajaran PjBL dan XI MIPA 7 yang diberikan perlakuan model pembelajaran GBL dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas sebanyak 36 siswa. Perolehan nilai rata-rata indikator keterampilan kolaborasi pada model pembelajaran PjBL diperoleh hasil sebesar 74 dan pada model pembelajaran GBL diperoleh hasil sebesar 79. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh nilai sig. sebesar 0,001 sehingga diperoleh nilai sig < α (0,05), dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Game Based Learning (GBL) pada materi sistem reproduksi manusia. Kata Kunci: Keterampilan Kolaborasi, Project Based Learning (PjBL), Game Based Learning (GBL)
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI |
| Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 05:03 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 05:03 |
| URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

