Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi

Revy, Setyanti (2017) Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
REVY SEPTYANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

REVY SEPTYANTI. 036113001. Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si dan Dra. Triasianingrum A, S.U. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Circuit Learning pada materi jaringan tumbuhan dan hewan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-Oktober 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Bogor tahun akademik 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purpossive Sampling. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 2 yang diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah 37 siswa, dan XI MIPA 6 yang diberikan perlakuan model pembelajaran Circuit Learning dengan jumlah 37 siswa. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 pada ranah kognitif diperoleh Fhitung 4,58 sedangkan Ftabel sebesar 1,99 sehingga diperoleh nilai Fhitung ˃ Ftabel dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Circuit Learning. Hasil belajar biologi siswa kelompok Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan kelompok kelas inkuiri terbimbing, hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata aspek kognitif dari masing-masing model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 04 Jul 2025 06:49
Last Modified: 04 Jul 2025 06:49
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/9751

Actions (login required)

View Item View Item